DINAS KESEHATAN

Previous
Next

Kontak Dengan Pasien Positif Covid, 9 Orang Pedagang Pasar Gede di Tes Swab


Cilacap, Serayunews.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melakukan tes swab kepada sembilan pedagang Pasar Gede Cilacap, Selasa (29/9/2020). Pemeriksaan dilakukan karena mereka kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang ada di Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah.
“Hari ini sudah dites swab di Pasar Gede, karena sudah kontak dengan pasien positif,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi.
Meskipun ada pedagang yang dilakukan pemeriksaan, akan tetapi Pasar Gede belum dilakukan penyemprotan disinfektan. Dikarenakan masih akan menunggu hasil tes swab dari 9 orang pedagang tersebut.
“Nanti hasilnya bagaimana ada penularan atau tidak, kalau ternyata lebih dari dua (yang terkonfirmasi positif) dan terjadi penularan, baru dilakukan penyemprotan dan tracing lagi,” katanya.
Pemeriksaan ini berawal setelah pasien terkonfirmasi positif asal Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap meninggal dunia pada Minggu (27/9/2020). Dia memiliki riwayat kontak dengan anaknya sebagai kurir barang antar kota.
Isteri dari pasien yang meninggal tersebut merupakan pedagang di Pasar Gede. Sehingga Dinkes melakukan penelusuran kontak, termasuk kepada pedagang di Pasar Gede.
Sampai Selasa jumlah kasus terkonfirmasi positif di Cilacap sebanyak 217, dengan rincian 159 orang sembuh, 52 orang dalam perawatan dan 6 orang meninggal dunia. Selain itu ada sebanyak 15 orang suspek, dan 78 orang kontak erat.
Penulis Tania Hamzah- 29 Sep 2020

Kategori

PORTAL

Hubungi Kami
Admin DINKES
Halo, ada yang bisa kami bantu?