VIVA CILACAP

APLIKASI PENDAFTARAN VAKSINASI ONLINE KABUPATEN CILACAP

Upaya Pemerintah dalam melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 diperlukan program percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan penanganan komprehensif dan berkelanjutan. Salah satunya melaksanakan vaksinasi secara masif kepada masyarakat agar terbentuk herd imunity.

Kabupaten Cilacap adalah kabupaten terluas di Jawa Tengah dengan luas wilayah 2.124,47 km2 dan jumlah penduduk 1.840.594 jiwa yang tersebar di 24 kecamatan sehingga diperlukan strategi dan program percepatan pelaksanaan vaksinasi yang ditangani secara komprehensif dan berkelanjutan untuk mencapai cakupan vaksinasi yang maksimal.

Berawal dari permasalahan dalam pelaksanaan tugas fungsi pelayanan bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap terkait sasaran dan penjadwalan vaksinasi diperlukan adanya sistem / mekanisme pendaftaran yang mudah diakses oleh masyarakat dan membantu fasilitas kesehatan pemberi pelayanan vaksinasi dalam menentukan sasaran dan jadwal vaksinasi. Saat ini masih sekitar 20% sasaran yang sudah divaksinasi,  sehingga diperlukan percepatan pencapaian target vaksinasi yang perlu dukungan stakeholder baik di tingkat kabupaten, provinsi dan pusat.

Atas dukungan Bupati Cilacap, dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi membuat inovasi yaitu pendaftaran vaksinasi online yang diberi nama VIVA CILACAP yang memiliki arti survival yaitu bertahan hidup. Aplikasi ini diimplementasikan pada 95 fasilitas kesehatan, yaitu 12 Rumah Sakit, 38 Puskesmas dan 45 klinik secara online bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Cilacap diakses secara online melalui ponsel android maupun laptop/komputer  dengan cara akses web https://viva.cilacapkab.go.id  untuk pendaftaran dengan mengisi NIK, alamat domisili, pilih tempat pelayanan vaksinasi dan outputnya akan diperoleh informasi / notifikasi berupa whatsapp mengenai jadwal, waktu dan tempat vaksinasi, sesuai kuota yang tersedia.

Manfaat yang diperoleh Dinas Kesehatan maupun Faskes dalam bentuk kemudahan-kemudahan,  antara lain :

  1. Mendapatkan sasaran vaksinasi untuk keperluan manajemen logistik vaksin;
  2. Menjadwalkan pelayanan vaksinasi;
  3. Memantau pelayanan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2

Aplikasi ini bertujuan menyediakan mekanisme pendaftaran yang mudah diakses masyarakat melalui  web dan menyediakan data bagi fasilitas kesehatan pemberi pelayanan vaksin dalam menentukan sasaran dan jadwal vaksinasi. Melalui aplikasi ini juga tersedia data kebutuhan dropping vaksin yang tepat sesuai jumlah sasaran pada fasiltas kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan antusias masyarakat Kabupaten Cilacap untuk mengikuti vaksinasi dan mendapatkan hak vaksinasi secara tansparan dan berkeadilan serta menumbuhkan semangat hidup dan juang menuju CILACAP SEHAT.

Peluncuran / launching aplikasi diresmikan Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, M. Wijaya, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, serta perwakilan FORKOPIMDA pada tanggal 1 Agustus 2021. Pada awal pembukaan aplikasi online minat masyarakat yang mampu akses pendaftaran online sangat tinggi sehingga dalam hitungan menit kuota yang tersedia sudah habis. Untuk itu selain ketersediaan perangkat lunak dan perangkat keras serta koneksi internet, dibutuhkan operator aplikasi yang terampil dan handal untuk mengatur buka tutup aplikasi dan menyusun jadwal pelayanan vaksinasi bagi pendaftar di fasilitas kesehatan

Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi COVID-19 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap didukung ketersediaan perangkat android atau laptop yang terkoneksi internet dan  dapat direplikasi dimanapun dengan merubah fasilitas kesehatan pemberi layanan vaksinasi. Untuk peningkatan kualitas pelayanan, pengembangan aplikasi terus dilakukan agar dapat memberikan informasi sasaran yang telah divaksinasi maupun persebaran jumlah dan peta vaksinasi di Kabupaten Cilacap. Adapun untuk mengantisipasi sasaran yang tidak mampu mengoperasikan dan melakukan pendaftaran melalui aplikasi online, Dinas Kesehatan masih memberikan pelayanan vaksinasi pada kelompok-kelompok khusus dan daerah tertentu yang sulit akses melalui vaksinasi mobile, vaksinasi door to door dan jemput bola ke sasaran.

VIVA CILACAP MENUMBUHKAN SEMANGAT HIDUP DAN SEMANGAT JUANG MASYARAKAT MENUJU CILACAP SEHAT.