DINAS KESEHATAN

Previous
Next

Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas, Cilacap Dijatah 1700 Vaksin Covid Untuk Tahap Awal


Pemerintah Kabupaten Cilacap sudah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.  Bahkan, Pemkab juga telah melaksanakan pelatihan sehingga sudah siap sebagai vaksinator.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griani Dewi mengatakan, vaksinator sudah dipersiapkan. Ada sekitar 500 vaksinator, jumlah ini bisa bertambah sewaktu-waktu.

“Persiapan sudah semua dilakukan. Hanya menunggu jadwal distribusi vaksin, mekanisme sesuai juknis dengan empat meja pelayanan, yaitu, pendaftaran, screening, penyuntikan dan observasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, para petugas sudah mendapatkan pelatihan. Diantaranya menginput ke aplikasi PCare. Kemudian ada screening, penyuntikan, laporan sambil menunggu jika ada reaksi pasca imunisasi. Setelah memenuhi itu semua dan tidak ada permasalahan, peserta baru bisa mendapatkan kartu vaksin.

“Terkait skema pelaksanaan vaksinasi, kita menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Pada prinsipnya kami sudah siap melaksanakan kebijakan vaksinasi,” katanya.

Pramesti menjelaskan target sasaran vaksinasi hingga bulan April bisa menyelesaikan dua sasaran untuk di vaksin, pertama target nakes sebanyak 5.033 dan target sasaran pelayanan publik banyak 42.106 dosis.

“Menurut info dalam waktu dekat ini Cilacap mendapatkan 1.700 vaksin. Kekurangannya menunggu keputusan provinsi,” ujar Pramesti

sumber : serayunews.com
By Irfan Miftah Ramadhan-15 Jan 2021

Kategori

PORTAL

Hubungi Kami
Admin DINKES
Halo, ada yang bisa kami bantu?